Berita Utama

Asabri | Kamis, 04 Mei 2017

Internalisasi misi dan visi ASABRI melaui kegiatan ESQ dan Outbond

Asabri | Kamis, 04 Mei 2017

Internalisasi misi dan visi ASABRI melaui kegiatan ESQ dan Outbond

Tidak terelakkan bahwa perkembangan berorganisasi terjadi perubahan dalam pengelolaan manusianya. Optimalisasi organisasi dipengaruhi oleh manajemen SDM dalam pencapaian efektifitas dan pencapaian kinerja. Peran fungsi manajemen SDM berfokus pada tiga hal, yaitu produktivitas, kualitas dan pelayanan. Produktivitas berkaitan dengan peran efektif tenaga kerja dalam pencapaian output kerja. Kualitas berkaitan dengan barang atau jasa yang dihasilkan untuk jangka panjang. Pelayanan berkaitan dengan proses pemenuhan tujuan bisnis untuk berkembang jangka panjang.

Implementasi Human Capital berprinsip pada perusahaan memandang pentingnya bahwa karyawan merupakan pondasi bisnis dan karyawan yang membuat bisnis tetap ada serta karyawan mampu meningkatkan perkembangan bisnis perusahaan sebagai partner yang strategis dalam berdaya saing. Di dalam diri setiap karyawan mempunyai nilai-nilai berharga yang dapat membantu perusahaan dalam mencapai Visi ataupun meningkatkan kinerja perusahaan. Sehingga dibutuhkan proses internalisasi ke dalam diri setiap karyawan tentang pemahaman Misi, Visi, dan Tata Nilai Perusahaan. Karena hal ini sangat penting untuk dipahami oleh setiap karyawan, demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

Sesuai dengan Visi ASABRI yaitu Menjadi Perusahaan Asuransi Sosial Nasional yang Profesional dengan melakukan Transformasi Bisnis dan Budaya Perusahaan sampai dengan Tahun 2021. Untuk itu perusahaan melakukan salah satu upaya dalam melakukan transformasi budaya yaitu dengan mengadakan kegiatan Mission-Vision-Values-Meaning (MVVM) Alignment bagi karyawan di Kantor Pusat. Adapun tujuannya adalah agar setiap karyawan dapat memahami apa Misi dan Visi ASABRI? serta apa saja nilai yang harus dimiliki oleh setiap karyawan ASABRI?.

Kegiatan ini dibagi menjadi 2 gelombang, gelombang 1 pada hari Jumat Minggu tanggal 21-23 April 2017 yang diikuti oleh Direktur SDM dan Umum beserta seluruh karyawan di Direktorat SDM dan Umum bersama Direktur Investasi dan Keuangan beserta seluruh karyawan di Direktorat Investasi dan Keuangan. Kemudian gelombang 2 diikuti oleh Direktur Utama beserta seluruh karyawan di Direktorat Utama, bersama dengan Direktur Operasi beserta karyawan di Direktorat Operasi.

Suasana gembira dan antusiasme terlihat dari para karyawan dalam mengikuti kegiatan MVVM Alignment. Hal tersebut karena tim penyelenggara kegiatan dari ESQ 165 dapat mengemas dan disajikan acara dengan menarik. Sehingga seluruh peserta terlibat aktif dalam melakukan simulasi permainan/game-game yang ada, seperti permainan bola buta, permainan transfer air, permainan tali ular, permainan susun balok, dan permainan hulahup. Semua permainan tersebut memiliki makna yang pada intinya adalah dibutuhkan kerjasama tim dan komunikasi yang baik di setiap kelompok peserta. Yang lebih penting lagi adalah ada makna yang dapat menumbuhkan dan memperkuat Nilai-nilai yang sedang dibangun oleh ASABRI antara lain:

  • Amanah karena dalam setiap permainan melatih tiap personil untuk fokus dan tanggung jawab dengan fungsi/tugasnya masing-masing.
  • Melayani karena satu orang dengan yang lain harus mau melayani dan berbagi agar dapat menyelesaikan permainan dengan baik.
  • Kerjasama karena dibutuhkan kontribusi dan kekompakan tim dalam setiap game dan tidak mungkin dapat diselesaikan sendiri tanpa bantuan orang lain.
  • Kompeten karena beberapa permainan dibutuhkan pemikiran & strategi.
  • Respek karena personil satu dengan yang lainnya harus saling menghargai, peduli dan timbul rasa jalinan kebersamaan untuk dapat menyelesaikan game/tantangan yang dihadapi.

Adapun harapan dari kegiatan ini adalah dapat terciptanya sinergi yang baik antar Unit Kerja dan antar karyawan serta semua lini (Pimpinan & pelaksana). Hal ini sesuai dengan pesan dari Direktur Utama PT ASABRI (Persero) bahwa tidak ada ego sektoral dalam bekerja, membiasakan melakukan yang benar, dan ikhlas meninggalkan keburukan. Selain itu dari Nara sumber tim ESQ 165 juga memberikan pesan bahwa berubahlah mulai hari ini, jangan ditunda. Agar dapat menikmati hasil perubahan ini lebih cepat. ASABRI..... BISA! BISA! BISA!