Berita Utama

Asabri | Jum'at, 19 Mei 2017

Sosialisasi Program ASABRI bersama keluarga besar Polres Wakatobi

Asabri | Jum'at, 19 Mei 2017

Sosialisasi Program ASABRI bersama keluarga besar Polres Wakatobi

Wakatobi adalah sebuah kabupaten di Sulawesi Tenggara yang merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia yang menawarkan berbagai keindahan alam dengan aneka biota lautnya. Wakatobi sendiri adalah sebuah singkatan di mana kepanjangannya ialah Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Melalui pemekaran suatu wilayah sejak tanggal 18 Desember 2003 Wakatobi resmi ditetapkan sebagai salah satu kabupaten pemekaran di Sulawesi Tenggara yang terbentuk berdasarkan Undang Undang Nomor 29 tahun 2003, yang sebelumnya wilayah Wakatobi hanya berstatus beberapa kecamatan dalam wilayah pemerintahan Kabupaten Buton.

Polres Wakatobi sendiri terbentuk pada bulan Juli tahun 2005 dengan status Polres persiapan berkantor pada Polsek Wangi-Wangi dan Tahun 2007 berpindah ke kantor yang baru di Jln. H. Abd. Rahman Kel. Wandoka Kec. Wangi-Wangi Kab. Wakatobi, Wilayah Hukum Polres Wakatobi mencakup seluruh wilayah Kabupaten Wakatobi, terdiri dari membawahi 6 (enam) wilayah yaitu : Polsek Wangi-Wangi (Kec. Wangi-Wangi), Polsek Wangsel (Kec. Wang-Wangi Selatan), Polsek Kaledupa (Kec. Kaledupa), Polsek Kalsel (Kec. Kaledupa Selatan), Polsek Tomia (Kec. Tomia), Polsek Tomtim (Kec. Tomia Timur), Polsek Binongko (Kec. Binongko dan Kec. Togo Binongko).

Berdasarkan UU No.40/2004 tentang Sistem Jaminan sosial Nasional (SJSN) dan UU No.24 tahun 2011 tentang pembentukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). PT ASABARI (Persero) sebagai pengelola BPJS bagi Prajurit TNI, Anggota polri dan Pegawai ASN di lingkungan Kementerian Pertahanan dan Kepolisian Republik Indonesia sesuai PP 102 tahun 2015 maka PT ASABRI (Persero) berkwajiban memberikan pemahaman tentang apa itu PP 102 tahun 2015.

Menyadari bahwa Polres Wakatobi merupakan Polres yang masih tergolong baru tentunya Sosialisasi program ASABRI sangat diperlukan, terlebih dengan adanya perubahan regulasi dari Permenkan 14 tahun 2013 ke PP 102 tahun 2015 yang memuat program baru salah satunya Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Berkenaan dengan hal itu, KCP PT ASABRI (Persero) Kendari melaksanakan Sosialisasi program ASABRI sesuai PP 102 tahun 2015 di Mapolres Wakatobi pada Mei 2017. Sosialisasi diikuti oleh perwakilan Anggota Polres Wakatobi dan ibu-ibu Bhayangkari serta dari Purnawirawan Polri. Hadir dalam kesempatan itu Wakapolres Wakatobi Kompol Muhadi W,S.Sos mewakili Kapolres yang tidak bisa hadir karena sedang mengikuti rapat di Mapolda Sultra.

Sosialisasi program ASABRI sesuai PP 102 tahun 2015 disampaikan langsung oleh Kepala KCP ASABARI (Persero) Kendari yaitu Sutomo,S.Sos,M.M, dalam kesempatan itu banyak dipadati pertanyaan dari peserta yang lebih banyak menyangkut tentang Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang dipandang sebagai hal baru yang dilaksanakan oleh PT ASABRI (Persero). Karena terbatasnya waktu, akhirnya sosialisasi diakhiri dengan beberapa kesimpulan dan dapat dipahami oleh peserta

BERITA UTAMA