Berita Utama

Asabri | Senin, 22 Januari 2018

Peranan SIKD di Lingkungan PT ASABRI (Persero).

Asabri | Senin, 22 Januari 2018

Peranan SIKD di Lingkungan PT ASABRI (Persero).

Perkembangan penelitian dan penemuan dalam bidang teknologi informasi, mempengaruhi dan memberikan perubahan fundamental atas gaya hidup dan budaya komunikasi di semua sektor kehidupan.

Perubahan telah dimulai oleh negara-negara maju, yang memaksa setiap individu masuk ke dalam gaya hidup serba teknologi dalam hubungan internasional, masyarakat Indonesia merupakan pengikut antusias bagi trend perkembangan teknologi, maka dari itu Arsip Nasional Republik Indonesi (ANRI) telah mengembangkan sebuah aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD).

Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) merupakan software sistem pengelolaan manajemen kearsipan / dokumen secara elektronik, ini merupakan langkah ANRI sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam menciptakan tertib arsip / dokumen di lingkungan pemerintahan Republik Indonesia.

Aplikasi SIKD ini dibuat berdasarkan peraturan kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) nomor 15 Tahun 2015 tentang aplikasi SIKD dan SIKS, yang sejalan dengan program pemerintah untuk menghendaki proses surat menyurat di lingkungan kementerian / lembaga dalam pelaksanaannya secara elektronik sehingga lebih cepat, aman dan sesuai dengan prosedur.

Arsip Nasional Republik Indonesia selaku Lembaga Kearsipan Nasional melaksanakan kegiatan penyelenggaraan kearsipan yang komprehensif dan terpadu melalui Sistem Informasi Kearsipan Dinamis berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (SIKD-TIK) untuk mendukung di dalam pengelolaan arsip / dokumen dinamis.

Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) adalah program pemerintah dibidang kearsipan untuk mendukung pembangunan E-Government. Tujuan akhir yang ingin dicapai dari pengimplementasian SIKD ini adalah terbentuknya SIKN (Sistem Informasi Kearsipan Nasional) yang akan memungkinkan terhubungnya seluruh sistem informasi pengelolaan arsip / dokumen di lembaga-lembaga pemerintah. Sehingga diharapkan dapat terwujudnya E-Government dalam tata kelola pemerintahan yang akan menjadi lebih efektif, efisien dan transparan.

Untuk menunjang penerapan pengelolaan kearsipan / dokumen berbasis TIK maka arsip / dokumen konvesional yang bermediakan kertas harus di digitalisasi agar menjadi arsip / dokumen elektronik sehingga penerapan pengelolaan arsip / dokumen berbasis TIK akan berjalan dengan lancar. Perlakuan arsip / dokumen konvesional yang telah di digitalisasi sama dengan arsip / dokumen konvesional hanya medianya yang berbeda.

Ada 4 syarat yang wajib disiapkan sebagai pendukung implementasi SIKD yaitu Tata Naskah Dinas, Pola Klasifikas, Jadwal Retensi Arsip (JRA) dan Klasifikasi Keamana dan Akses. Perlunya Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) bagi PT ASABRI (Persero) adalah Untuk meningkatkan bisnis proses lebih cepat dalam hal akses dan proses temu kembali arsip. Pemberian informasi yang lebih baik dan pengambilan keputusan yang lebih cepat terkait dengan akses arsip yang cepat dan tepat. Layanan arsip yang lebih baik karena lokasi arsip dapat lebih cepat diketahui, memudahkan dalam pertukaran informasi antar unit atau organisasi.

BERITA UTAMA

Menghadapi Generasi Millennial

Asabri | Senin, 10 September 2018