Berita Utama

Asabri | Selasa, 12 Juli 2016

Memajukan Usaha Kecil dengan Program Kemitraan ASABRI

Asabri | Selasa, 12 Juli 2016

Memajukan Usaha Kecil dengan Program Kemitraan ASABRI

Pada hari Selasa tanggal 28 Juni 2016 Kancab PT ASABRI (Persero) Bandung telah menyalurkan Dana Program Kemitraan Periode Triwulan II Tahun 2016 untuk 10 Mitra Binaan terpilih dengan nilai Rp 265.000.000,- (Dua ratus enam puluh lima juta rupiah) dengan rincian sebagai berikut :

  • Sektor indusri : 4 Mitra Binaan = Rp 105.000.000,-
  • Sektor perdagangan : 3 Mitra Binaan = Rp 60.000.000,-
  • Sektor peternakan/perikanan : 2 Mitra Binaan = Rp 70.000.000,-
  • Sektor jasa : 1 Mitra Binaan = Rp 30.000.000,-

Merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan karena acara penyaluran Dana Program Kemitraan di Kancab Bandung ini dihadiri oleh Direktur SDM dan Umum selaku Pembina Harian PKBL PT ASABRI (Persero) Herman Hidayat, S.H yang didampingi Kabid Ren PKBL Drs. Sarwoko.

Acara diawali sambutan Kakancab Soekarno Effendi, S.IP yang pada intinya lebih menekankan kepada pengelolaan dana pinjaman lunak ini harus sesuai dengan perhitungan usaha dan kewajiban dalam membayar angsuran agar tertib dan lancar karena dana yang disalurkan ini adalah dana bergulir milik anggota prajurit yang harus dikembalikan lagi.

Selanjutnya Direktur SDM dan Umum selaku Pembina Harian PKBL Herman Hidayat, S.H di awal sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada mitra binaan terpilih dan beberapa point yang perlu digaris bawahi dalam sambutan beliau adalah sebagai berikut :

  • PT ASABRI mempunyai tugas tambahan dalam menyalurkan dana PKBL selain tugas pokoknya dalam pengelolaan dan pembayaran asuransi dan pensiun.
  • Dana Program Kemitraan bukan dana hibah tapi pinjaman lunak yang harus dikembalikan untuk digulirkan kembali.
  • Para mitra binaan agar memahami dan mematuhi perjanjian yang sudah ditandatangani terutama dalam kewajiban membayar angsuran harus tertib dan lancar.
  • Pemerintah umumnya dan PT ASABRI khususnya terus mendorong dalam pembinaan para UKM untuk lebih maju.

Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian secara simbolis oleh Kakancab dengan salah seorang perwakilan mitra binaan dan diakhiri dengan penyerahan dana program kemitraan yang penyalurannya melalui buku rekening bank kepada masing-masing mitra binaan.

Sebelumnya juga disampaikan materi PKBL tentang hak dan kewajiban mitra binaan serta tata cara/teknis penyetoran dan pelaporan perkembangan usaha oleh petugas PKBL Kancab. Dalam acara penyaluran dana program kemitraan periode Triwulan II 2016 ini kegiatan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan untuk mitra binaan yang biasanya mengundang narasumber akan dilaksanakan bersamaan dengan pendidikan dan pelatihan dengan mitra binaan pada periode triwulan berikutnya.

Dengan adanya penyaluran Dana Program Kemitraan Triwulan II Tahun 2016 yang dilaksanakan di Kancab PT ASABRI (Persero) Bandung diharapkan usaha-usaha kecil menegah yang ada di negri tercinta ini dapat maju dengan pesat dan menjadi usaha besar yang berskala nasional